Download Free FREE High-quality Joomla! Designs • Premium Joomla 3 Templates BIGtheme.net
Home / Berita Terbaru / PELATIHAN DIGITALISASI ALQURAN DAN HADIS

PELATIHAN DIGITALISASI ALQURAN DAN HADIS

FDS

Salah satu implementasi dari upaya peningkatan kemampuan Dosen dan Mahasiswa di Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, terutama Jurusan Ilmu Hadis dan Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir yaitu dengan mengadakan pelatihan Digitalisasi Alquran dan Hadis. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu 27-28 Februari 2016 di Aula Fakultas Ushuluddin menghadirkan Tim dari Pusat Kajian Hadis Jakarta.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pelatihan Digitalisasi Alquran dan Hadis merupakan terobosan yang futuristik, dan sangat sesuai karena dunia sekarang adalah eranya dunia digital. “Diprediksi ke depan literatur-literatur buku manual akan diganti dengan model digital yang bisa dibaca melalui hp, komputer dan sebagainya. Maka pelatihan ini layak dan wajib bagi semua mahasiswa ushuluddin”, tutur Dekan Fakultas Ushuluddin dalam sambutannya.

Keterampilan mahasiswa merupakan hal penting terutama setelah mahasiswa meyelesaikan pendidikannya. Maka menurut Dr. Mujiyo, Ketua Jurusan Ilmu Hadis, “Semoga mahasiswa ilmu hadis punya karya dan keterampilan di bidang digitalisasi, sehingga untuk Surat Pendamping Ijazah mahasiswa tidak perlu repot lagi, karena surat tersebut bisa dikeluarkan setelah mahasiswa mengikuti pelatihan dan mempunyai karya di bidang Digitalisas Hadis”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 75 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen dari Jurusan Ilmu Hadis dan Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Luthfi Fathullah, MA. Dengan Timnya yaitu Agus (Bagian Desain), Kinta Mahadji (Progammer) dan Yudi (Bagian Umum). Pelatihan yang diberikan pada hari pertama berupa pembuatan konsep mobile website dan desain mobile website di Localhost. Pada hari kedua pelatihan yang diberikan berupa upload mobile website ke internet menggunakan subdomain Pusat Kajian Hadis di alamat tematik.pusatkajianhadis.net. Mobile website ini nantinya akan dirubah menjadi aplikasi berbasis Android.

Dalam acara tersebut juga disepakati bahwa kegiatan pelatihan tersebut akan rutin dilakukan oleh Fakultas Ushuluddin yang bekerjasama dengan Pusat Kajian Jakarta Pimpinan Dr. Ahmad Luthfi Fathullah, MA.

Tentang administrator

Periksa juga

Panduan Summry Skripsi 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *