IQT.UINSGD.AC.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (HMJ-IAT) UIN Bandung menggelar acara Pelantikan, Upgrading, dan Musyawarah Kerja pengurus baru HMJ-IAT periode 2021-2022. Dilaksanakan pada tanggal 6-8 April 2021, acara ini dihadiri 72 peserta daring untuk pelantikan dan upgrading, serta 52 peserta luring untuk musyawarah kerja yang bertempat di Villa VW Bandung.

Ketua pelaksana, Syifa’ur Rohim mengungkapkan alasan konsep acara yang mengusung dua versi, yakni daring dan luring, “Akibat pandemi covid-19, kami memutuskan untuk membuat acara menjadi daring dan luring. Pelantikan dan upgrading dilaksanakan secara daring, sedangkan musyawarah kerja, yang paling efektif menurut kami adalah bertemu satu sama lain secara luring, tentu dengan protokol kesehatan yang ditaati, berharap musyawarah dan sidang dapat terlaksana dengan lebih baik jika dilakukan secara langsung.,” ujar Syifaur saat diwawancarai pada Kamis (8/4/2021)

Tambahnya,  acara ini rutin digelar setiap tahun sebagai wujud kaderisasi organisasi yang wajib dilakukan. Dengan mengusung tema “Mewujudkan anggota HMJ-IAT yang memiliki integritas dan loyalitas demi menjaga keharmonisan HMJ-IAT”, Syifaur berharap anggota baru HMJ-IAT mampu memegang integritas dan kesetiaannya kepada HMJ dan jurusan pada masa jabatannya demi IAT Berdaya.

Acara ini turut menghadirkan Ketua Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT), Ecep Ismail, M.Ag. Beliau mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan Kabinet Visioner sebelumnya, yang telah bekerja keras dan mampu membuktikan serta mewujudkan jurusan IAT yang semakin baik dan terdepan. Serta berharap kabinet baru ini dapat mengikuti jejak pendahulunya.

Pengurus baru dilantik secara resmi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ushuluddin UIN Bandung, Dr. Muhlas, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangganya terhadap HMJ-IAT yang kerap mengadakan kegiatan-kegiatan positif dan berdampak baik bagi kualitas jurusan bahkan berpengaruh besar terhadap penilaian kontrak kinerja dan akreditasi.

“Terlebih kedepannya IAT dipercaya untuk segera mendapat label sertifikasi mutu pendidikan Asia Tenggara atau AUN QA. Saya berharap HMJ-IAT dapat mengadakan kegiatan-kegiatan yang bertaraf Nasional 50% dan Internasional 50%. Saya percaya HMJ-IAT mampu melaksanakannya,” pungkas Dr. Muhlas dalam sambutannya.

Acara berjalan lancar dan khidmat hingga hari terakhir. Panitia sekaligus Ketua Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi (PAO), Riswan Ramdhani Syahputra mengungkapkan syukurnya saat diwawancarai langsung pada Kamis (8/4/2021). “Saya sangat berterima kasih kepada seluruh panitia dan pengurus atas kontribusinya dalam acara ini, penyampaian dan pengesahan seluruh program kerja, juga nama kabinet Alhamdulillah telah terbentuk dan disahkan.”

Riswan turut menyampaikan pesan dan harapannya terhadap HMJ-IAT, “Saya harap semuanya berjalan lillahitaala, bekerja dengan cinta, bekerja dengan hati, dan HMJ-IAT periode 2021-2022 lebih baik dari tahun sebelumnya, lebih konsisten, dan siap mewujudkan IAT Berdaya menuju ASEAN” pungkasnya.

 

Reporter: Lutfiah Fitriani dan Raihan Sabdanurrahmat

Redaktur: Asya Dwina Luthfia