Diraiat ( Dialektika Rakyat IAT) Merupakan Program Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran Tafsir Dari Bidang Pengembangan Nalar dan Intelektual Periode 2020/2021. Dengan Tema ” Kontruksi Tafsir dan Pondasi Ilmu Al- Quran dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung” yang di bawakan oleh Prof. Dr. H Badruzzaman M. Yunus, Lc, MA, beliau merupakan salahsatu Guru Besar Bidang Ilmu Tafsir UIN Bandung, acara ini dimoderatori oleh Hanif Yaumul Izza ( Staff Ahli Pengembangan Nalar dan Intelektual). Pada umumnya diskusi DiraIAT ini diadakan secara offline, namun karena kondisi pandemi yang masih berlangsung mengharuskan kita untuk melakukan DiraIAT secara online (Via zoom pada 20 Desember 2020).

Cara yang dilakukan untuk menambah wawasan dan memahami atas suatu topik yang sedang dipermasalahkan dan harus di selesaikan. Agar meningkat kan daya pikir dari pemahaman Rakyat (Mahasiswa) Ilmu Alquran dan Tafsir. Diraiat ini dilakukan dengan cara adanya diskusi tentang tema yang sudah di lampirkan.

Pada zaman milenial ini suatu pemahaman dan argumentasi mahasiswa harus lebih di tingkatkan dengan adanya isu-isu yang sedang viral pada zaman sekarang. Oleh karenya, dengan adanya Diraiat ini bisa sedikit atau lebih nya bisa memahami studi kasus yang sedang viral di waktu sekarang.

Jadi, Untuk menambah dan berkembangnya wawasan mahasiswa, khusus nya Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir, Kami Menyelenggrakan kegiatan “Diraiat” (Dialektika Rakyat IAT) yang memang perlu kita lakukan untuk melatih daya pikir kritis mahasiswa.

Dalam Diraiat ini mahasiswa di tangguhkan guna dalam membangun pondasi dari setiap elemen nya masing-masing terutama dalam bidang Tafsir, Terkhusus Mahasiswa yg menempuh Pendidikan tinggi dalam Jurusan Tafsir. Umum nya untuk seluruh manusia yg ingin memperdalam ilmu tafsir.

Alhamdulillah pada sore tadi berjalan dengan lancarnya kajian diraiat ini kita di suguhkan ilmu yang sangat luar biasa dengan ada nya macam-macam, Corak, Metode dan penggunaan untuk memperdalam Ilmu tafsir.

Kami Haturkan terimakasih banyak kepada pemateri dan segenap peserta dalam jumlah 70 peserta atas partisipasi nya dalam kajian diriat ini semoga apa yang sekarang kita tempuh dan pelajari senantiasa selalu dalam kelancaran.

Penulis : Zaeni Anwar
Editor : Dodi Insan Kamil