Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

HMJ-IAT Gelar Gebyar Ramadhan Bersama Komunitas Qur’ani (KOMUQ)

  • oleh

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Sosial dan Masyarakat (SOSMAS) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ – IAT) UIN Bandung telah menggelar Gebyar Ramadhan bersama Komunitas Qur’ani (KOMUQ). Acara tersebut dilaksanakan selama satu bulan penuh yaitu pada bulan Ramadhan 1443 H secara hybrid yang diikuti oleh 82 orang peserta.

Ketua pelaksana, Khalisah Sajidah menyebutkan bahwa Komunitas Qur’ani (KOMUQ) tahun ini mengusung tema “Mensyiarkan Al-Qur’an Guna Menumbuhkan Nilai-nilai Al-Qur’an dalam Kehidupan” dengan harapan Komunitas Qur’ani (KOMUQ) ini bisa menysiarkan Al-Qur’an kepada masyarakat umum dan juga menumbuhkan dan mengamalkan nilai-nilai di kehidupan sehari-hari.

Adapun program Komunitas Qur’ani yang dilaksanakan pada bulan ramadhan tahun ini yaitu fokus kepada tahsin mujawwad yang dilaksanakan secara offline di kampus dan juga One Day One Juz (ODOJ) yang dilaksanakan secara online melalui grup WhatsApp. Selain itu, Komunitas Qur’ani (KOMUQ) ini memiliki program lanjutan yang dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali, diantaranya ada tahsin mingguan, khataman bulanan, gerakan baca terjemah dan tafsir, serta diskusi qur’ani.

“Tujuan dari acara ini yaitu mengajak dan mewadahi mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) untuk mencintai dan mensyiarkan Al-Qur’an agar nilai-nilai Al-Qur’an tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Khalisah saat diwawancarai via WhatsApp pada Kamis (21/3/2022).

Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ecep Ismail M.Ag mengungkapkan apresiasinya terhadap acara ini. “Ini merupakan kegiatan pertama dari HMJ-IAT Kabinet Abhipraya yang mudah-mudahan menjadi awal yang indah sebagai tanda kegembiraan ramadhan sehingga keberkahan ramadhan terus mewarnai kehidupan dan aktivitas kabinet Abhipraya khususnya, umumnya civitas IAT termasuk prodinya juga,” tegas Ecep dalam sambutannya pada Selasa (5/4/2022).

Senada dengan yang diungkapkan Ecep, Muhammad Zia Ulhaq Albana selaku ketua umum HMJ-IAT mengaku sangat bersyukur dan mengapresiasi acara ini sebagai acara awal yang dilaksanakan di bulan ramadhan, bulan yang mana diturunkannya Al-Qur’an dan menjadi paling mulia.

Selain itu, salah satu peserta Komunitas Qur’ani (KOMUQ), Rulia Rahmawati IAT 4D sangat antusias juga terhadap acara ini, sehingga dinobatkan sebagai peserta favorit. “Kegiatan Komunitas Qur’ani (KOMUQ) ini bisa meningkatkan semangat dalam tilawah Al-Qur’an, yang biasanya sehari tilawah kadang gak sampe satu juz, tetapi pada bulan ramadhan ini bisa, bahkan melebihi One Day One Juz (ODOJ) itu sendiri, Alhamdulillah,” ungkap Rulia saat diwawancarai via WhatsApp pada Minggu (1/5/2022).

“Semoga Komunitas Qur’ani (KOMUQ) ini tidak cukup sampai di sini saja, semoga ada lagi kelanjutan dalam Komunitas Qur’ani ini, melihat kita di jurusan IAT emang sudah seharusnya ada Komunitas Qur’ani, jadi bagaimanapun keadaannya harus dipertahankan,” tutup Rulia.

Reporter: Nur Muhammad Iskandar/2021

Redaktur: Lutfiah Fitriani/2020