Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

HMJ-IAT Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ)

  • oleh

IQT.UINSGD.AC.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir (HMJ-IAT) departemen Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI) menggelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) diawali dengan webinar pada Sabtu (12/06/2021) oleh dosen IAT, Irma Riyani, Ph.D via zoom meeting dan pelatihan intensif oleh Dekan Fakultas Ushuludin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag sejak Senin-Minggu (14-20/06/2021) via WhatsApp, yang dihadiri 70 peserta mahasiswa IAT.

Ketua pelaksana WPAJ, Muhammad Hanif Yaumul Izza menyebutkan bahwa kegiatan ini mengusung tema “Mengembangkan Potensi Mahasiswa IAT dalam Menulis Demi Terwujudnya Standarisasi Kepenulisan Karya Ilmiah” dengan alasan rata-rata mahasiswa jurusan IAT masih kurang dalam hal menulis terlebih lagi dalam sistematikanya.

Tambahnya, berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa IAT bisa memenuhi standarisasi kepenulisan karya ilmiah secara baik dan benar, serta sistematika dalam kepenulisannya baik plagiarisme maupun penelitiannya, “semoga karya ilmiah yang dihasilkan bisa diterbitkan di jurnal dan di media baik dalam kampus maupun luar kampus,” ujar Izza saat diwawancarai via whatsApp, Kamis (17/06/2021).

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag memaparkan dalam materinya akan urgensitas peserta mengikuti tahapan-tahapan penulisan artikel, yakni mulai tahap 1-11. Hal tersebut menjadi jaminan diterimanya artikel oleh editor jurnal dan setelahnya akan diserahkan ke reviewer (penelaah).

Tambahnya, “substansi luas dan mendalam tetapi tidak mengikuti teknis penulisan maka dijamin artikel tersebut tertolak (rejected). Tubuh artikel terbagi dua, yaitu: teknis dan substansi. Tahap 1-11 adalah teknis. Tahap awal artikel wajib lolos teknis dulu. Baru nanti substansi. Menulis adalah menabung, punya naskah artikel adalah orang kaya secara intelektual,” jelasnya pada penyampaian materi hari ke-3.

Peserta WPAJ, Devi Rizki Apriliani dari IAT 2A, mengaku antusias mengikuti kegiatan ini, “kegiatan ini langsung di bimbing oleh Dekan, tahap demi tahap dijelaskan hingga menulis jurnal itu tidak sesulit apa yang sudah dibayangkan di awal, apalagi penjelasan bapak itu enak, sesuai urutan, tertata dengan rapi jadi tidak sulit dimengerti,” ujar Devi saat diwawancara via whatsApp pada Rabu (16/06/2021).

Selain itu Devi mengungkapkan bahwa menurutnya WPAJ ini dapat menjadi solusi kebimbangan mahasiswa tingkat awal dalam membuat artikel ilmiah. Ia pun berharap kegiatannya akan terus digelar kembali tiap tahunnya,  untuk membantu angkatan-angkatan setelahnya supaya turut menghasilkan karya yang luar biasa serta berkontribusi untuk mengharumkan jurusan.

Senada dengan Devi, Ilham Fajar dari IAT 6B pun meluapkan rasa syukur nya sebab berkesempatan mengikuti kegiatan ini, serta berharap ia dapat menjadi seorang yang penuh maanfaat lewat karya tulisnya. “Saya berharap menjadi manusia yang bermanfaat, dari apa yang dicatat dengan memberikan manfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain dari karya tulis yang dibuat,” tutupnya saat diwawancarai via whatsapp pada Kamis (17/06/2021).

Reporter: Syfa Fauzia Mustofa/2018

Redaktur: Nur Alfiyah/2018