Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

HMJ-IAT Perdana Gelar Pemilihan Duta Jurusan IAT 2021

  • oleh

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI), HMJ-IAT mengadakan pemilihan duta jurusan yang merupakan serangkaian dari “Harmonic Tafsir 4.0”. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 4–28 Oktober 2021, dimulai dari pendaftaran, technical meeting, ujian tulis, ujian lisan/wawancara, pembuatan video bakat, karantina dan pembekalan sampai acara puncak yang diikuti oleh 16 peserta dari angkatan 2019-2021.

Ketua pelaksana duta jurusan, Salwa Nabila Nur Habibah menyebutkan bahwa kegiatan ini mengusung tema “Cerdas Bertalenta dalam Bingkai Wahyu Memandu Ilmu” dengan harapan duta jurusan IAT dapat menjadi representasi mahasiswa IAT yang ideal, namun tetap sejalan dengan visi-misi jurusan dalam ruang lingkup UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian para duta pada keseluruhan rangkaian di antaranya, terkait adab serta kesopanan, kejurusanan, kebahasaan, public speaking, dan pengetahuan umum. Namun saat acara puncak yang berlangsung di Aula Fakultas Ushuluddin, penampilan dari para finalis duta pun menjadi poin penting.

“Acara puncak ini lebih fokus kepada meyakinkan para juri untuk menentukan duta jurusan terbaik, dengan kriteria penilaian yang dilihat dari bagaimana cara mereka berpenampilan, public speaking, berbahasa asing dan sejauh mana pengetahuan umum serta kejurusanan yang mereka kuasai”, tambah Salwa.

Pada akhirnya panitia dapat mengumumkan duta jurusan IAT terpilih, yakni Ruby Zakia dan Ahmad Musyaddad Nur Basyir, keduanya dari angkatan 2020. Adapun masa jabatan duta jurusan ini selama satu tahun. “Angkatan 2018 tidak dilibatkan karena masa jabatan para duta selama satu tahun dan perkiraan angkatan 2018 bisa jadi sudah lulus sebelum masa jabatan usai,” pungkas Salwa saat diwawancarai pada Jumat (10/12/2021) di Ma’had Al-Jami’ah.

Duta IAT putri, Ruby Zakia dari IAT 3D, mengaku sangat senang dan berkesan mengikuti pemilihan duta IAT ini. “Ketika terpilih menjadi duta IAT perasaan Ruby bercampur aduk, ada rasa senang kaget karena di luar dugaan serta sedikit gugup, tapi alhasil dari kegiatan ini Ruby bisa menambah pengalaman, memperbanyak teman serta menjalin tali silaturrahmi yang lebih baik,” ujar Ruby saat diwawancarai via WhatsApp pada Rabu (09/02/2022).

Selain itu, Ruby pun mengungkapkan bahwa harapannya setelah terpilih menjadi duta IAT, ia bisa mengemban amanah untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai duta, seseorang yang mampu senantiasa bertumbuh serta dapat menjadi representasi mahasiswa IAT dengan sangat baik yang bisa menjaga nama baik jurusan.

Tak ketinggalan Ketua umum HMJ-IAT, Febry Rudiantara pun turut menyampaikan harapannya bahwa selain duta IAT ini bisa menjadi contoh bagaimana mahasiswa IAT yang ideal, namun juga dapat membantu peningkatan mutu jurusan secara umum. ”Semoga duta IAT ini bisa menjadi wasilah peningkatan mutu dan kualitas di jurusan kita, baik di mahasiswa maupun di birokrat jurusan,” ujar Febry saat diwawancara via WhatsApp pada Kamis (03/02/2022).

Reporter: Syfa Fauzia Mustofa/2018

Redaktur: Nur Alfiyah/2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *