Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Hukum Islam dalam Perubahan Sosial

Kehidupan sosial dari hari ke hari terus berubah bersama terjadinya perubahan kondisi geografis, kebudayaan, komposisi penduduk, ideologi dan penemuan-penemuan baru ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat. Hal ini akan memaksa para ahli hukum untuk menyikapinya karena perubahan tersebut akan menyebabkan perbedaan yang sangat jauh dan bertentangan dengan teks-teks hukum itu ditetapkan.

Dalam syariat Islam, misalnya diketahui bahwa perempuan-perempuan muslim tidak boleh bepergian seorang diri dan harus didampingi oleh muhrimnya. Akan tetapi, kemudian ketetapan ini ternyata berbenturan dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan serta nilia-nilai kemodernan dewasan ini, yang setiap individu termasuk wanita bebas bergerak sendirian untuk memnuhi kepentingan hidupnya. Tantangan ini mendapat respons yang baik dari para ahli hukum Islam untuk memberikan fatwa baru tentang bolehnya perempuan bepergian sendiri, termasuk pergi ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji tanpa didampingi oleh muhrimnya.

Demikian pula, dalam persoalan lainya sehingga hukum dengan sendirinya berubah mengikuti perubahan sosial yang ada. Namun, yang menjadi kajian para ahli, sejauh mana perubahan itu boleh dilakukan? Mengingat perubahan itu terkadang berbenturan dengan teks-teks hukum asal.

Judul : Hukum Islam dalam Perubahan Sosial

Penulis : Badri Khaeruman

Kata Penagtar : Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M. Si

Cetakan : 1, November

Tahun : 2012

Penerbit : Pustaka Setia

ISBN : 9789790760820