Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Bandung – Zaman bergerak dengan cepat. Saat ini, arus peradaban manusia memasuki sebuah revolusi menyeluruh yang disebut sebagai era digital atau era industri 4.0. Nyaris semua sudut kehidupan manusia saat ini dapat dilakukan secara digital yang terkoneksi internet. Arus informasi semakin deras dengan makin mudahnya akses internet. Setiap orang kini bisa belajar dan tahu lebih banyak lagi tentang suatu ilmu hanya melalui ponsel pintar (gedget) yang ada di genggaman mereka. Jika ditanya apa yang menjadi penggerak perubahan pada saat ini, jawabannya pasti generasi milenial. Sebagai generasi yang disebut digital native atau generasi yang bertumbuh kembang dengan teknologi digital, kaum milenial punya banyak sekali potensi dalam hal pengembangan diri melalui berbagai platform media digital.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, berhasil menerbitkan sejumlah aplikasi android yang dapat digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengenal dan mengakses kitab-kitab tafsir. Aplikasi tersebut diantaranya adalah: Biografi Mufassir, Ebook Tafsir Nusantara, dan Library Tafsir. Ketiga aplikasi sudah tersedia di google playstore.

1. Biografi Mufassir

Biografi Mufassir merupakan sebuah aplikasi android yang di dalamnya berisikan suatu biografi dari para tokoh-tokoh hebat yang mempunyai peran penting dalam Dunia Tafsir Al-Qur’an. Karena kita sebagai pelajar membutuhkan suatu hal bacaan yang dapat menggugah jiwa dan memotivasi diri kita. Dengan membaca kisah inspiratif dan Rihlah Ilmiyyah begitu juga dengan karya-karya yang telah dihasilkan dari para tokoh hebat,mudah-mudahan Jiwa kita akan lebih tergugah dan semakin termotivasi dalam hal kebaikan dan kemanfaatan. Oleh karena itu Aplikasi Sederhana ini bisa menjadi suatu kemanfaatan bagi para mahasiswa Ilmu Al Quran dan Tafsir khususnya dan umumnya bagi masyarakat luas. Aplikasi ini dibuat oleh Kelompok 6 Kelas 5A Angkatan 2019, diantaranya: Aldi Nurdin, Fadya Rahilla Adzshary, Ikfina Nurul Izzah, Intan Sahla Fadlillah, Muhammad Fikri Syukur, Salman Al-Fariski.

Download Aplikasi Biografi Mufassir

2. Ebook Tafsir Nusantara

Tafsir Nusantara pada umumnya terdiri dari beberapa jilid dan jika seorang hendak membaca tafsir tersebut, setidaknya harus membeli kitab tafsir yang berjilid-jilid tersebut. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan mempelajari penjelasan Al-Qur’an dari mufassir-mufassir lokal (Indonesia) hanya dalam genggaman gawai pengguna. Aplikasi ini dibuat oleh Kelompok 6 Kelas 5D Angkatan 2019, diantaranya: Abdul Husen, Fany Ilmi Alifah, Gina Nur Azizah, Isa Imadussalam A, Laelati Dwina A, Shoffi Ainun Utari

Download Aplikasi Ebook Tafsir Nusantara

3. Library Tafsir

Library Tafsir merupakan aplikasi yang memuat konten berupa kitab-kitab tafsir, kita tafsir yang tersedia beragam, mulai dari kitab tafsir terjemahan bahasa indonesia sampai dengan kitab tafsir yang masih berbahasa arab.
Kitab-kitab tafsir yang di muat pada aplikasi ini totalnya ada sekitar 20 lebih kitab tafsir, sebagian diantaranya : Terjemah Tafsir Al-Munir, Terjemah Tafsir Al-baedowi, Terjemah Tafsir Al-Azhar, Terjemah Tafsir An-Nuur, Terjemah Tafsir Al-Qurtubi, Terjemah Tafsir Jalalain, Terjemah Tafsir Al-Misbah, Tafsir At-Thabari dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dibuat oleh mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan tafsir angkatan 2018 yaitu, Muhamad Iqbal Mustofa.

Download Aplikasi Library Tafsir