Mengabdi Untuk Negeri: HMJ-IAT Gelar IAT Mengajar Desa

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Sosial dan Masyarakat (SOSMAS) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ – IAT) UIN Bandung telah menggelar kegiatan pengabdian dalam bentuk pengajaran kepada masyarakat yang dinama kan dengan “IAT Mengajar Desa”. Acara ini dilaksanakan pada Jum-‘at-kamis (17-23/08/2022) di desa Mayang, Cisalak, Subang, Jawa Barat. Panitia dan pengajar yang ikut serta dalam kegiatan ini berjumlah 32 orang.

Ketua pelaksana, Irham Muzaqi, menyebutkan bahwa IAT Mengajar Desa ini mengusung tema “Menumbuhkan Spririt Belajar Al-Qur’an Demi Terwujudnya Generasi Qur’ani yang Aktif dan Kreatif” dengan harapan bisa memperluas cakrawala keilmuan mahasiswa IAT dan menjadikan target besar untuk peserta didik yang diajarkan.

Lebih lanjut, Irham menyampaikan tujuan dari acara ini yaitu untuk menciptakan sarana bagi mahasiswa jurusan IAT untuk melatih diri di masyarakat dan mengamalkan ilmunya kepada masyarakat.

Acara ini dibuka dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ecep Ismail, M.Ag. dan ditutup oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ-IAT), Muhammad Zia Ulhaq Albana dengan harapannya yang besar agar supaya masyarakat IAT terbiasa terjun ke masyarakat untuk mengamalkan ilmunya dan hasil dari yang diajarkan akan berbekas pada peserta didik.

Salah satu pengajar, Munawarah, mahasiswa semester 5 mengaku sangat bersyukur mengikuti kegiatan IAT Mengajar Desa ini. “Alhamdulillah bisa merasakan sedikitnya bagian Jawa Barat yang sangat indah alamnya, turun ke masyarakatnya langsung dengan segala kekurangan ilmu dan keterbatasan berbahasa daerah untuk berbaur. Namun, makin senang dan bersyukur setiap melihat mereka semangat untuk belajar,” Ucap Muna saat diwawancarai pada Rabu (5/10/2022).

“Alhamdulillah juga bisa bekumpul sama anak-anak IAT yang lain dari berbagai angkatan yang Maa Syaa Allah ilmu mereka ngajar legowo banget, sadar masih harus banyak belajar dari anak-anak IAT yang lain, menambah teman dan pengalaman. Semoga kegiatan ini kedepannya lebih baik dan semakin baik lagi,” tutup Muna.

Senada dengan Muna, Gina Nur Azizah mahasiswa tingkat akhir mengaku senang dan penuh harap bisa mengikuti program IAT Mengajar Desa ini. “Seneng banget bisa bertemu dan sharing bareng anak-anak, selain dapet pengalaman dan relasi, banyak juga pelajaran yang bisa diambil. Semoga IAT Mengajar Desa ini bisa berlanjut dan lebih baik lagi di segala sisi,” ujar Gina saat diwawancarai pada Kamis (6/10/2022).

Leave a Replay

Recent Posts

Kategori

HMJ IAT

Berlangganan melalui email

Tanya Admin
1
Tanya Admin
Assalammualaikum...
Ada yang bisa kami bantu?
iqt.uinsgd.ac.id