Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

PENDAFTARAN UJIAN MUNAQASYAH PERIODE BULAN FEBRUARI 2022

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini yang semakin meluas serta berbagai kebijakan baru terkait dengan sinergi untuk menghambat penyebaran virus tersebut, serta dalam rangka melaksanakan physical distancing dan memprioritaskan kesehatan serta keselamatan bersama, maka hal-hal berkenaan dengan ketentuan pelaksanaan ujian Munaqasyah mengalami perubahan menyesuaikan dengan kebijakan tersebut.  

Berkenaan dengan pendaftaran dan pola ujian Munaqasyah, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengumumkan hal-hal sebagai berikut: 

  1. Jadwal Pelaksanaan Ujian Munaqasyah : 
No  Kegiatan  Waktu  
Pendaftaran Online  28 Januari – 10 Februari 2022 
Verifikasi Berkas  11 – 15 Februari 2022 
Pengumuman Hasil Verifikasi  16 Februari 2022 
Masa Sanggah  16 – 18 Februari 2022 
Pengumuman Hasil Sanggah  21 Februari 2022 
Penjadwalan Pengujian  21 – 23 Februari 2022
Proses Ujian  24 Februari 2022 
Pengumuman Hasil Ujian  28 Februari 2022 
  • Persyaratan Ujian Munaqasyah 
    • Lunas SPP dari bagian Keuangan al-Jami’ah;*
    • Foto hitam putih ukuran 3 x 4 pakai jas, dasi bagi laki-laki dan pakai jilbab hitam bagi perempuan; (foto untuk ijazah) file upload saat  pendaftaran;
    • KTP;
    • Ijazah SLTA ;
    • Transkip Nilai; *
    • PIN eligible;*
    • KRS Semester pendaftar;
    • Surat Keterangan lulus Tahfidz Quran yang ditandatangani Ketua Lembaga Tahfidz;*
    • SK Skripsi, minimal tiga bulan sebelum Ujian Munaqasyah; *
    • Lembar Bimbingan dan persetujuan Skripsi yang ada nilainya (File berbentuk PDF, jika tidak ada ttd, boleh berupa bukti email/chat yang menyatakan telah disetujui untuk dapat mengikuti ujian);
    • Bebas Plagiarisme dari Lab/Perpustakaan Fakultas Ushuluddin.
    • Skripsi disetujui oleh pembimbing I, II dan mengetahui Ketua Jurusan.
  • Pra Ujian Munaqasyah  
    • Mahasiswa menyiapkan file skripsi yang sudah di ACC Pembimbing 1, 2 dan Ketua Jurusan dan file diberi nama (Skripsi_Nama_NIM) serta tersusun sebagai berikut: 
      • Cover; 
      • Abstrak; 
      • Kata Pengantar; 
      • Daftar Isi; 
      • Daftar Tabel (jika ada); 
      • Daftar Gambar (jika ada); 
      • ISI (terdiri dari BAB 1 sampai BAB terakhir); 
      • Daftar Pustaka; 
      • Lampiran (jika ada); 
    • Mahasiswa menyiapkan berkas dalam bentuk file dan diberi nama sesuai dengan format (Nama File_Nama_NIM) contoh: Foto_Muhamad Yoga Firdaus_1171040002; atau FotoKTP_ Muhamad Yoga Firdaus_1171040002. 
    • Jika lembar bimbingan skripsi belum ditandatangani penuh oleh pembimbing maka pembimbing harus mengirimkan keterangan ACC bimbingan skripsi melalui WA link.
https://wa.me/+6282321431027
  • Pelaksanaan Ujian Munaqasyah 
    • Penguji melakukan review terhadap naskah skipsi mahasiswa pada microsoft word dengan menambahkan catatan, pesan atau komentar. Download panduan: https://bit.ly/CatatanWord   
    • Hasil Review kemudian dikirim ulang ke mahasiswa untuk diperbaiki. 
    • Perbaikan dikirim ulang lagi ke dosen penguji untuk divalidasi. 
    • Desen penguji memiliki wewenang menguji menggunakan aplikasi tatap muka (Zoom, Google Meeting, WA, dan sebagainya).  
    • Nilai         Ujian    Munqosyah      dikirim             ke         M.        Yoga    Firdaus,            S.         Ag     link  https://wa.me/+6282321431027    

Pasca Ujian Munaqasyah

  1. Mahasiswa yang telah melaksanakan ujian skripsi dan direkomendasikan dosen penguji untuk merevisi skripsinya, diwajibkan menyelesaikan revisi tersebut selambat-lambatnya dalam waktu 1 bulan. Apabila dalam waktu 1 bulan belum menyelesaikan revisinya, maka mahasiswa yang bersangkutan diwajibkan mengulang ujian skripsi. 
    1. Revisi dilakukan dengan melakukan konsultasi dengan Penguji I dan Penguji II. Apabila Penguji I dan Penguji II telah menyetujui revisi, maka mahasiswa yang bersangkutan melakukan konsultasi dengan Pembimbing untuk meminta persetujuan revisi.  
    1. Revisi skripsi disahkan oleh tim penguji ( Penguji 1 dan 2; Ketua Majelis; Sekretaris Majelis; Pembimbing 1 dan 2; Ketua Jurusan dan Dekan) 
    1. Hasil Revisi diperiksa kembali melalui pengecekan Plagiarisme, sebelum dinyatakan lolos jangan dijilid terlebih dahulu

Demikian pengumuman ini disampaikan dengan menyesuaikan pada kebijakan pemerintah terkait kondisi darurat Covid-19. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.  

Keterangan:

  1. (*) Mahasiswa tidak perlu menyiapkan berkas, berkas disiapkan oleh petugas.
  2. Ketua Majlis (Dr. R. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum) dan Sekretaris Majlis (Ketua Jurusan masingmasing).
  3. Seluruh peserta diwajibkan masuk grup WA Munaqasyah FU Februari 2022 (Klik link untuk masuk grup: https://chat.whatsapp.com/JV9am9ts52kFfxSbDWBIeY agar tidak ketinggalan informasi.
  4. Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan di grup WA Munaqasyah FU Februari 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *