Pengabdian di Era Pandemi: HMJ-IAT Gelar Bakti Desa di Desa Jatimukti, Sumedang

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Pengembangan Sosial dan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (HMJ-IAT) UIN Bandung menggelar pengabdian masyarakat yang dinamakan Bakti Desa. Acara ini dilaksanakan selama lima hari, tepatnya hari Senin-Jumat (26-30/7/2021) di Desa Jatimukti, Kp. Bojongreungit, Sumedang. Panitia dan volunteer yang ikut serta dalam acara ini berjumlah 35 orang.

Acara ini memiliki tema “Optimalisasi Bersama Al-Qur’an di Era Pandemi.” Tujuan dari acara ini adalah sebagai bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi ketiga yaitu pengabdian masyarakat. Selain itu juga mengimplementasikan keilmuan yg didapat di bangku kuliah kepada masyarakat. Seperti mengajarkan ilmu ke Al-Qur’anan kepada anak-anak maupun warga sekitar.

Pada saat acara ini dilakukan, tingkat pandemi tengah mencapai level yang sangat tinggi, maka kegiatan dilakukan secara bergantian. Mereka menyusun jadwal untuk setiap harinya mengenai panitia dan pengajar yang bertugas. Setiap volunteer mengajarkan bahan ajara sesuai silabus yang telah dirancang dan disesuaikan dengan kemampuan yang mereka miliki untuk diaplikasikan atau diajarkan kepada warga sekitar. Tentu dengan penyampaian yang kreatif dan interaktif.

Ketua pelaksana Bakti Desa 2021, Salma Salfani menyebutkan bahwa melakukan pengabdian masyarakat ditengah pandemi itu cukup menantang. Terlebih jarak antar lokasi pengabdian dan para panitia dan volunteer itu cukup jauh. “Tetapi dengan hati yang tulus ingin belajar dan mengembangkan keilmuan yang ada di bangku kuliah dengan pengaplikasian tri dharma perguruan tinggi, membuat kami semua semangat dan rela melakukannya. Terlebih mengusung dari tema juga untuk mengoptimalkan interaksi kita dengan Al-Qur’an di era pandemi. Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memotivasi juga warga sekitar untuk terus belajar Al-Qur’an dalam kondisi apapun.” ujar Salma saat diwawancarai, Jum’at (3/10/2022).

Panitia acara, Soffi Siti Mariam, mahasiswi IAT mengaku antusias membantu menyelenggarakan acara ini, “Alhamdulillah, senang bisa berkontribusi langsung di kegiatan Bakti Desa, lokasinya sangat asri masih dikelilingi sawah dan juga pegunungan. Banyak pengalaman dan pelajaran dari sana, walaupun dilaksanakan ditengah pandemi.  Semangat anak-anak yang sopan, rajin mengaji serta masyarakat disana sangat ramah menyambut kami. Dengan waktu yang singkat namun begitu berkesan,” ucap Soffi, Selasa (4/10/2022).

Selaras dengan Soffi, Indah Siti Saadah sebagai volunteer juga menyampaikan kesan yang serupa, “Senang, karena bisa terjun langsung ke masyarakat untuk mengamalkan ilmu, banyak belajar bagaimana berinteraksi dengan masyarakat, dan mendapat pengalaman berharga. Bakti desa menjadi sarana latihan belajar sebelum nanti KKN di semester 7 nanti,” tutup Indah Rabu (5/10/2022).

Leave a Replay

Recent Posts

Kategori

HMJ IAT

Berlangganan melalui email

Tanya Admin
1
Tanya Admin
Assalammualaikum...
Ada yang bisa kami bantu?
iqt.uinsgd.ac.id