Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Pengantar Ilmu Tasawuf

Di kalangan kaum sufi, istilah syariat meliputi seluruh aspek kehidupan, baik aqidah, ibadah maupun muamalah dan akhlak. Syariat berarti amal ibadah lahiriah (eksoterik). Untuk itu, kehidupan keberagamaan dengan ibadah yang hanya terkonsentrasi pada amal lahiriyah (Syariat) ini akan hampa karen ahati kosong dari hakikat ibadah yang sedang dilakukan. Makna yang terkandung di dalam ibadah-ibahan inilah di kalangan tasawuf yang dikenal dengan istilah haqiqah (hakikat)

Hakikat dalam pandangan tasawuf adalah inti atau rahasia yang paling dalam dari syariat dan akhir dari perjalanan yang ditempuh oleh seorang sufi. Jika gerak-gerik dan bacaan-bacaan shalat adalah syariah maka dialog spititual (bertemu) antara seseorang ‘abid (hamba) dengan Ma’bud (Yang Disembah) adalah hakikatnya. Pertemuan itu adalah sebuah “perkawinan” hakiki yang dapat membentuk akhlak seseorang agar lebih baik dan labih sempurna dalam beribadah. Sehingga kesadaran manusia dalam beribadah pada Tuhan tdak hanya sebatas luarnay saja, lebih dari itu adalah kedalaman hatinya.

Hadirnya buku Pengantar Ilmu Tasawuf ini tiada lain untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang sangat mendasar. Mudah-mudahan dengan buku ini, kebutuhan literatur mahasiwa maupun masyarakat yang meminati dunai tasawuf, akan terpenuhi.

Judul : Pengantar Ilmu Tasawuf

Penulis : Tamami

Penerbit : Arsad Press

Cetakan : I

Tahun : Desember 2012

ISBN : 978-602-7917-01-9