Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Program Bisikan: Kritisi Paradigma Perempuan hingga Kesehatan Reproduksi

  • oleh

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Pemberdayaan Perempuan (PEMDAPU), Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ – IAT) UIN Bandung menggelar Bisikan (Bincang Asyik Perempuan). Acara tersebut dilaksanakan setiap satu bulan sekali selama tiga bulan. Lebih tepatnya, acara ini dilaksanakan tiga kali pada bulan Juni, Juli, dan September 2021.

Ketua pelaksana, Sofi Siti Maryam mengungkapkan konsep dari acara ini. “Acara diskusi ini diadakan tiga part dan terakhir ada bedah buku. Ditargetkan bukan hanya khusus perempuan saja namun laki-laki juga. Dengan mendatangkan pemateri yang semuanya mumpuni perihal keperempuanan dari segi tafsir dan juga kesehatannya ada,” ujar Sofi saat diwawancara via WhatsApp pada senin (3/1/2022).

Lebih lanjut, Sofi menyampaikan tema dari acara ini. “Tema yang kami usung di antaranya, Paradigma Islam terhadap Peran Perempuan di Ranah Publik Perspektif Al-Qur’an oleh Dr. Eni Zulaiha, M.Ag, Konsep Kesehatan Reproduksi (Perspektif Kesehatan dan Tafsir Quran) oleh Irma Riyani, Ph.D dan Dr. dr. Yani Triyani, SpPk.,Mkes, Muslimah Level Up: Terdidik Sebelum Mendidik oleh Nadhira Arini. Semuanya dilaksanakan secara online,” tegasnya.

Tambahnya, “Tujuan dari acara ini yaitu untuk mengembangkan nalar kritis, memberikan wawasan seputar perempuan dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh perempuan, baik untuk perempuan sendiri maupun laki-laki. Serta lebih peduli terhadap berbagai isu-isu perempuan yang terjadi di sekitar,” lanjut Sofi.

Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Ecep Ismail M.Ag juga mengungkapkan apresiasinya. “Merupakan sebuah anugerah bagi prodi bahwa punya HMJ umumnya, khususnya departemen Pemberdayaan Perempuan (PEMDAPU) yang terus aktif melakukan kegiatan dan ini merupakan sebuah aktivitas yang membanggakan dan memang harus diapresiasi,” ujarnya pada sambutan acara Bisikan Part 1.

Ecep juga menyampaikan harapan dan dukungannya. “Mudah-mudahan memberikan wawasan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak kami khususunya perempuan dan umumnya laki-laki juga harus tau tentang kesehatan reproduksi. Serta insyaallah akan senantiasa saya dukung,” pungkasnya.

Peserta Bisikan, Karina Atriyatul Zannah dari IAT 3B, mengaku antusias juga terhadap acara ini. “Terasa banget suasana belajarnya, ada banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran dan hikmah yang bisa diambil. Selain itu juga, Karin kagum karena pematerinya sangat luar biasa,” ungkapnya saat diwawancara via WhatsApp pada minggu (9/1/2022).

Reporter: Lutfiah Fitriani/2020

Redaktur: Nur Alfiyah/2018