Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

PUM Offline: Pengurus HMJ-IAT 2022-2023 Resmi Dilantik

  • oleh

IQT.UINSGD. AC.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (HMJ-IAT) UIN Bandung menggelar Pelantikan, Upgrading, dan Musyawarah Kerja (PUM) pada tanggal 28-29 Maret 2022, di Villa Panyawangan 2 Bandung. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus baru HMJ-IAT periode 2022-2023 yang berjumlah 70 peserta.

Ketua Pelaksana, Syaifullah Alfinddio mengungkapkan konsep acara yang dilaksanakan full offline dengan diadakannya Pra-Musyker (Musyawarah Kerja). “Konsep yang diterapkan pada acara ini sama seperti konsep tahun kemarin, bedanya tahun sekarang dilaksanakan secara offline dengan mengadakan Pra-Musyker (Musyawarah Kerja) terlebih dahulu untuk memudahkan dan mengefesiensikan waktu,” ujar Alfinddio saat diwawancara pada minggu (3/4/2022).

Tambahnya, dengan mengusung tema “اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ  .” Syaifullah Alfinddio berharap di dalam musim apapun, tidak terkekang zaman, HMJ-IAT ini harus menjadi wadah untuk berkelana dalam mencari ilmu dan dalam perjalanan dakwah.

Lebih lanjut, Alfinddio memaparkan tujuan diadakannya acara ini. “Tujuan diadakan kegiatan PUM ini agar kami para pengurus HMJ-IAT memahami bagaimana mengelola dan belajar tentang keorganisasian seperti, manajemen organisasi, administrasi persuratan, serta proposal dan sponsorship, yang kita ketahui itu semua merupakan materi dari kegiatan upgrading HMJ-IAT,” ujar Alfinddio.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ecep Ismail, M.Ag. Beliau berharap pengurus HMJ-IAT yang sekarang bisa mengembangkan program-program yang pada periode sebelumnya telah terlaksana dengan baik.

“Kepengurusan HMJ-IAT sebelumnya sudah bagus, sangat membantu, dan dapat memenuhi tuntutan dari jurusan. Bapak sebagai Ketua Jurusan adalah pelayan untuk kalian semua masyarakat Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Oleh karena itu, pengurus yang sekarang juga harus bisa menjadi pelayan bagi seluruh masyarakat IAT,” pungkas Ecep dalam sambutannya.

Sambutan disampaikan juga oleh Ketua HMJ-IAT Kabinet Pioneer, Febry Rudiantara. “Meskipun kami kecil-kecil (pion) tetapi matil (menyengat), tidak dipungkiri pada kepengurusan kami ada kekurangannya juga, tetapi yang penting ambil yang baik dari kepengurusan sebelumnya,” tegasnya.

Pengurus HMJ IAT periode 2022/2023 dilantik secara langsung oleh Wakil Dekan III, Dr. Muhlas, M.Hum. Dalam sambutannya, beliau memberi arahan supaya HMJ-IAT ini bisa mengadakan acara-acara di tingkat internasional dengan membuat forum mahasiswa IAT se-Asia Tenggara. “Jurusan IAT adalah jurusan yang konsisten, dosen-dosennya juga konsisten bisa mempertahankan prestasi,” pungkasnya.

Kenanga Muhitna Rachmawati, salah satu pengurus baru HMJ-IAT yang telah dilantik memberikan kesan yang baik terhadap acara ini. “PUM ini menjadi kesan pertama saya di HMJ, yang pertama kali terlintas pada acara PUM ini adalah kesigapan panitianya, keren. Acaranya juga banyak memberi manfaat, misal saat upgrading, saya rasa semua yang disampaikan itu ilmu mahal dan sekarang bisa kita dapatkan secara gratis,” tutupnya.

Redaktur: Lutfiah Fitriani/20
Reporter: Nur Muhammad Iskandar/21

Tag: