Sebagai salah satu program studi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung yang dipersiapkan mengikuti sertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA), Jurusan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (IAT) melaksanakan rapat penyusunan SAR AUN-QA IAT FAKULTAS USHULUDDIN pada tanggal 28-30 November 2020 yang bertempat di Puri Khatulistiwa Hotel Jatinangor, Sumedang.

AUN (ASEAN University Network) merupakan organisasi universitas di negara-negara ASEAN. Adapun tujuan AUN adalah untuk meningkatkan kualitas standar universitas di ASEAN. AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) merupakan sebuah asesmen. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). AUN-QA mengacu ke standar akreditasi international. Anggota AUN dan prodi yang telah di-asses AUN, mahasiswanya dapat mengikuti program kredit transfer dengan universitas-universitas anggota AUN.

Ada beberapa komponen yang dinilai dalam AUN-QA, di antaranya adalah kurikulum, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan. Dalam menghadapi AUN-QA ini jurusan Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung perlu mempersiapkan diri secara matang. Untuk itu perlu dilakukan analisis kebutuhan untuk menghadapi AUN-QA tersebut. Hal-hal apa saja yang perlu disiapkan, direvisi, dan diadakan mulai dari sekarang oleh prodi IAT agar tersertifikasi taraf AUN-QA harus teridentifikasi secara jelas.

Penulis : Acep Ramdani. M, Ag