Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Sejarah Hidup Maryam As, Sebuah Kajian Tafsir Tematik

Sample TextBuku terjemahan Ali Masrur dari karya Dr. Aliah Schleifer yang berjudul asli Mary as. The Blessed Virigin of Islam ini merupakan sebuah karya unik. Ia mengambarkan posisi terhormat dan mulia yang dipegang oleh Maryam as. dalam pikiran orang-orang sunni dan orang-orang muslim awam serta dengan tepat meletakkan posisi Maryam dalam sudut pandang Bibel.

Menurut Schleifer, Maryam adalah sosok pribadi nyata yang penting. “Sungguh ia adalah seorang ibu yang luar biasa,” katanya. Pengalaman hidupnaya merupakan ujian berat bagi keimanannya. Bahkan Alquran memuat secara khusus Surat Maryam sebagai bukti bahwa Maryam tidak ada bandingannya sebagai model kesempurnaan seorang perempuan.

Kesucian Maryam dihormati sebagai keajaiban yang terbesar. Ia melahirkan seorang putra bernama Isa as. yang kemudian dikenal sebagai nabi, “juru selamat” kemusyrikan sebelum Muhammad saw. lahir, untuk kemudian meneruskan misi menegakkan tauhid.

Karya :  Dr. Aliah Schleifer

Pengantar : T.J. Winter, Fakultas Teologia Universitas Cambridge, Dr. Ali Jum’ah Muhammad, Guru Besar Hukum Islam Universitas al-Azhar Kairo

Penerjemah : Dr. Ali Masrur M.Ag

Penerbit : UII Press Yogyakarta 2004