Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Studi Banding HMJ-IAT Dan HMJ-Eksyar: Menjalin Silaturahmi dan Memperluas Relasi

  • oleh

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen pengembangan aparatur organisasi (PAO), Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ-IAT) UIN Bandung menggelar studi banding bersama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah (HMJ-Eksyar) UIN Bandung pada tanggal 6 Desember 2021. Acara tersebut dihadiri oleh ex-off dan departemen PAO dari kedua belah pihak.

Kepala departemen PAO HMJ-IAT, Riswan Ramdhani menyebutkan bahwa  kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dengan HMJ-Eksyar berupa diskusi santai namun tetap memiliki rangkaian acara yang terstuktur. Acara studi banding ini dimulai dengan perkenalan personal antar individu dari kedua belah pihak, penjelasan mengenai tupoksi dari departemen yang ada pada HMJ masing-masing hingga sesi tanya jawab.

Adapun tujuan dari acara ini antara lain menjalin silaturahmi antar HMJ dari setiap fakultas. Lebih lanjut lagi Riswan menargetkan untuk menjalin silaturahmi minimal dengan satu HMJ dari setiap fakultas yang ada di UIN Bandung. Selain dari silaturahmi acara ini juga bertujuan sebagai ajang untuk berbagi pengalaman dan ilmu baru guna mengembangkan inovasi-inovasi di himpunan masing-masing.

“Banyak kerja sama yang dihasilkan dari silaturahmi ini walaupun belum ada perjanjian yang tertulis dari kedua belah pihak, tapi tanpa perjanjian pun insyaalah tujuan dari acara ini yakni ingin menjalin silaturahmi yang kedepannya akan banyak kerja sama tanpa harus ada MOU, sehingga hubungan yang terbangun akan condong kepada hubungan antar keluarga”, ujar Riswan saat diwawancarai pada Minggu (20/02/2022) secara daring via whatsapp.

Senada dengan yang diungkapkan Riswan, Febry Rudiantara selaku ketua umum HMJ-IAT berharap agar kerja sama dan silaturahmi yang telah terjalin dari hasil studi banding ini dapat berjalan dengan kuat sampai dengan generasi-generasi selanjutnya.

Selain itu, Febry pun mengungkapkan rasa syukur atas terlaksananya silaturahmi bersama dengan HMJ-Eksyar. “Alhamdulillah HMJ-IAT dapat merambah silaturahmi dengan HMJ-Eksyar. Dari situ kita dapat sharing pengalaman dan pelajaran yang dijalani Agus selaku ketua umum HMJ-Eksyar beserta jajarannya”, ungkap Febry saat diwawancari pada Minggu (20/02/2022) secara daring via aplikasi whatsapp.

Reporter: Raihan Sabdanurrahmat/2018

Redaktur: Nur Alfiyah/2018