Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Teologi K.H. Abdul Halim

Terdapat dua visi dalam memandang K.H. Abdul Halim, seorang tokoh dan pendiri organisasi massa Islam Persatuan Ummat Islam (PUI). Di satu pihak ia dipandang sebagai seorang tokoh pembaharu Islam di Indonesia yang memiliki hasrat besar dalam mengantarkan bangsanya dari corak kehidupan statis-pasif menjadi bangsa dinamis-revolusioner.  Melalui hasrat besarnya itu ia dipandang sebagai seorang modernis-rasional. Sementara di pihak lain, ia diklaim sebagai seorang tradisionalis dan disebut-sebut sebagai seorang Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah, pengikut setia teologi Asy’ari.

Tergerak untuk mengetahui pemikiran yang sesungguhnya dari isu tersebut, pengarang buku ini mencoba merajut konsep dengan penuh ketelitian dan komprehensif lewat telaah komparatif dari sejumlah karya K.H. Abdul Halim dan para muridnya serta mencoba memahaminya dari sudut pandang Teologi Islam.

Kesimpulan apapun yang terbangun dari pencarian ini, pengarang telah berpartisipasi mengembangkan pemikiran tokoh K.H. Abdul Halim sebagai “embahnya” Organisasi Massa Islam Persatuan Ummat Islam secara kontekstual.

Judul : Teologi K.H. Abdul Halim “Ikhtiar Melacak Akar-Akar Pemikiran Teologi Organisasi Massa Islam Persatuan Ummat Islam ( PUI )”

Penulis : Drs. Wawan Hernawan, M.Ag

Cetakan : 1

Tahun : 2007

Penerbit : PW-PUI Jawa Barat