TUJUAN VISI DAN MISI

–PENGELOLA PRODI–

Dekan Fakultas:
Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag
Wakil Dekan I:
Dr. Yuli Ahmad Hambali, M.Hum
Wakil Dekan II:
Dr. Ali Masrur, M.Ag
Wakil Dekan III:
Dr. Mukhlas, M.Hum
Ketua Jurusan:
Ecep Ismail, S.Ag, M.Ag
Sekertaris Prodi:
Siti Chodijah, S.Ag, M.Ag

–PROFIL–
Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir merupakan salah satu komponen integral dari sistem pendidikan di UIN SGD Bandung dibawah Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sebagai Prodi yang fokus mengkaji Al-Qur’an dan Tafsir, Ia memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan, baik di wilayah Jawa Barat maupun Nasional.

Posisi strategis tersebut dapat dilihat dari keberadaan sebagai program studi yang menyediakan layanan kajian Al-Qur’an dan Tafsir secara profesional agar terwujudnya lulusan yang mampu memahami Al-Qur’an sesuai kaidah tafsir yang berakhlak karimah, berpengetahuan luas, moderat dan mampu mengintegrasikannya dengan teknolologi mutakhir dalam menyajikan tafsir Al-Quran.

–TUJUAN–
1. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, memiliki keahlian, dan kompetensi dibidang kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
2. Terwujudnya proses pembelajaran, penelitian, dan berbagai kajian ilmiah dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang mampu memecahkan masalah sosial keagamaan ditengah-tengah masyarakat.
3. Meningkatkan keterlibatan Program Studi, Dosen dan Mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka membangun tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan.
4. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneurship, terutama dalam menyampaikan dan mengembangkan kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

–VISI–
Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam menggali dan mengembangkan sumber daya manusia (mahasiswa) yang berakhlak karimah di bidang kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dalam bingkai wahyu memandu ilmu
pada tahun 2025 di ASEAN

–MISI–
1. Menyelenggarakan dan mengelola pendidikan tinggi yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing di tingkat nasional dan ASEAN dalam rangka memperkuat pembangunan Nasional.
2. Menyelenggarakan proses pembelajaran, penelitian dan kajian ilmiah dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
3. Menyelenggarakan pengabdian untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat menuju tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan.
4. Menyelenggarakan tri darma perguruan tinggi yang berorientasi pada pembentukan jiwa entrepreneurship di kalangan civitas akademika.