Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

Tujuh Fakta Unik Mahasiswa Saat Memendam Rindu Kuliah Offline

TUJUH FAKTA UNIK MAHASISWA SAAT MEMENDAM RINDU KULIAH OFFLINE
(Studi Komprehensif Tentatif Terhadap  Mahasiswa dengan Pendekatan Psikologi)

 

Rindu merupakan rasa yang muncul karena adanya keinginan yang berlebih atau sebuah harapan yang sangat terhadap sesuatu, setiap individu pasti pernah merasakan rindu baik terhadap seseorang, benda atau suatu keadaan tertentu. Rindu itu cinta yang berlebih dan begitu indah sehingga akan selalu ingin merasakannya, hal itulah yang dirasakan oleh mahasiswa yang saat ini sedang melaksanakan perkuliahan dengan metode “daring” atau kuliah online.

Setelah keluarnya surat edaran dari Mentri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease 19 (COVID-19) yang menganjurkan setiap satuan pendidikan sampai perguruan tinggi untuk menyelenggarakan perkuliahan secara online, mahasiswa yang semula merasa senang karena belajar akan dilaksanakan di rumah tanpa harus kelingkungan kampus, dan berpikir bahwa perkuliahan secara online akan sedikit lebih santai. namun, kenyataan yang terjadi saat ini banyak yang merasa rindu akan perkuliahan yang dilakukan secara offline.

Mahasiswa menyangaka perkuliahan dengan metode daring akan selesai dalam 14 hari, namun setelah 14 hari keluar surat edaran dari kementrian pendidikan dan kementrian agama yang mengharuskan perkuliahan secara daring  diperpanjang sampai waktu yang tidak ditentukan.membuat mahasiswa rindu akan aktifitas kampus yang sudah menjadi darah daging mahasiswa dari berorganisasi sampai dengan diskusi yang bertatapan langsung dengan teman-teman.

Kerinduan yang timbul pada mahasiswa itu secara psikologis akan menunjukkan kepada 7 perilaku:

  1. Sedih

Umumnya orang yang sedang memendam rindu akan merasakan sedih. begitupun mahasiswa yang tentunya akan merasa sedih karena rindu bertemu teman yang sama-sama berjuang mencari ilmu, bahkan ada mahasiswa yang sedih dengan perkuliahan online ini karena perkuliahan yang bersifat daring membutuhkan banyak kuota yang menguras uang, ditambah tugas yang bertumpuk dikarenakan tidak sedikit dosen yang sibuk sehingga hanya bisa memberikan tugas.

  1. Tersenyum sendiri

Seorang yang merasa rindu selain sedih juga tanpa sadar akan menyunggingkan senyum sendiri, dengan banyaknya kenangan dan aktifitas yang ada di kampus bersama teman-teman ataupun kakak dan adik tingkat membuat mahasiswa tanpa disadari akan tersenyum sendiri. Ketika kuliah online mahasiswa yang tidur akan ditegur atau yang telat datang ke kelas tidak dapat mengikuti perkuliahan. namun, ketika perkulihan secara online mahasiwa hanya duduk di depan laptop atau memegang gadget, dan ketika merasa ngantuk cukup mematikan speaker dan kamera.

  1. Mimpi

Ketika rindu datang menghampiri tentunya yang ada dalam pikiran hanya keinginan tersebut. Rutinitas perkuliahan di kampus akan terbawa sampai alam bawah sadar melalui mimpi, sebagian ahli psikologi berpendapat bahwa mimpi merupakan bagian kecil dari rutinitas yang sudah terjadi. Parahnya lagi beberapa diantara mimpi tersebut akan datang setiap saat dan berkesinambungan.

  1. Menangis

Percaya atau tidak seorang yang sedang memendam rindu jiwanya akan terstimulus menjadi lebih melankolis, mahasiswa yang tegar sekalipun ketika sedang dalam fase rindu yang klimaks sangat mungkin meneteskan air mata.

  1. Bicara ngelantur

Orang yang mengalami rindu akut akan mengeluarkan kata-kata yang tidak seharusnya disampaikan, karena fungsi otak dan panca indra tidak setabil yang disebabkan oleh rasa rindu itu, sehingga perintah dari otak sering tidak bisa diterjemahkan secara sempurna. Banyak mahasiswa yang menjadi puitis, salah satunya dengan membuat setatus-status dan quots.

  1. Emosional

Ratio stabilitas kejiwaan yang menurun diakibatkan rasa rindu membuat seorang akan lebih larut dalam perasaan dan tidak stabil dalam berpikir dan bersikap.

  1. Hilangnya nafsu makan

Fakta terakhir orang yang sedang memendam rindu akan mengalami penurunan nafsu makan yang berakibat terhadap turunnya berat badan.

Rindu merupakan salah satu wujud cinta sejati,  keinginan berlebih akan sesuatu yang dicintai baik orang, atau suasana tertentu dapat menimbulkan rasa rindu. Mahasiswa yang cinta terhadap aktifitas di kampus menimbulkan rasa rindu dan membuat 7 fakta psikologis mahasiswa itu muncul.

 

Penulis : Dendis