VISI

Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif dalam menggali dan mengembangkan sumber daya manusia (mahasiswa) di bidang kajian ilmu al’qur’an dan tafsir dalam bingkai wahyu memandu ilmu yang berakhlak karimah di asean tahun 2025

 

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengelola pendidikan tinggi yang profesional, akuntabel, dan berdaya saing di tingkat Nasional dan ASEAN dalam rangka memperkuat pembangunan Nasional.

2. Menyelenggrakan proses pembelajaran, penelitian, dan kajian ilmiah dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

3. Menyelenggarakan pengabdian untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat menuju tatanan masyarakat madani yang demokratis dan berkeadilan.

4. Menyelenggarakan Tri darma perguruan tinggi yang berorientasi pada pembentukan jiwa enterpreneurship di kalangan civitas akademik.

TUJUAN
1. Menyiapkan mufasir pemula dan guru ilmu Al-Qur’an dan Tafsir yang memiliki kompetensi pedagogik, berkepribadian sehat, profesional, dan sosial.
2. Mengembangkan ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, untuk tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.
3. Menyiapkan tenaga ahli untuk mengadakan penelitian dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
4. Mengabdikan ilmu pengetahuan Al-Qur’an dan Tafsir dalam pengembangan ilmu sosial dan pengabdian masyarakat.
5. Menyiapkan sarjana pendidikan S1 Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK.
6. Menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan bertanggungjawab dan mampu berkarir di berbagai lapangan kerja yang berkaitan dengan pendidikan al-Qur’an dan Tafsir dan/atau studi lanjut di dalam bidang ilmu al-Qur’an dan Tafsir; kemampuan berwirausaha/edupreneur terkait bidang al-Qur’an dan Tafsir.
7. Menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan beradaptasi di dalam lingkungan sosial-ekonomi yang berbeda-beda dan berubah dengan cepat sambil senantiasa mengembangkan dan membangun kesadaran terhadap pentingnya Pendidikan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.
8. Menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yang tepat dengan menggunakan instrumen Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.