Warna Baru Metamorf XV: HMJ-IAT Gelar OPAB 2022 Full Offline

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi (PAO) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (HMJ – IAT) UIN Bandung kembali menggelar Orientasi Pengenalan Anggota Baru (OPAB) yang juga dinamakan METAMORF XV ini dengan suasana yang berbeda karena dilaksanakan secara offline dan dibuka secara serentak lingkup HMJ Se-Fakultas Ushuluddin pada Jum’at (30/09/22) di Auditorium Anwar Musaddad, UIN Bandung yang diikuti oleh suluruh mahasiswa baru Fakultas Ushuluddin.

Pembukaan Orientasi Jurusan serentak lingkup HMJ Se-Fakultas Ushuluddin dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr.Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ushuluddin mengapresiasi terselenggaranya acara ini. “Terima kasih atas terlaksananya peristiwa yang tidak pernah ada di dalam sejarah,” ujar Wahyudin.

Turut hadir juga Ketua DPRD Jawa Barat, H. Teddy Rusmawan, AT., M.M, Ketua KNPI Kota Bandung, Edwin Khadafi, S.E, serta Ketua Jurusan (Kajur) dan Sekretaris Jurusan (Sekjur) dari masing-masing jurusan yang ada di Fakultas Ushuluddin, UIN Bandung, sebagai pengisi acara dari Pembukaan Orientasi Jurusan serentak lingkup Fakultas Ushuluddin.   

Selain itu, De Isvahan Nur Muharam selaku Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin juga turut antusias dan optimis atas terselenggaranya acara ini. “Agenda Pembukaan Orientasi Jurusan Serentak Lingkup FakultasUshuluddin merupakan salah satu agenda yang menunjukan bahwa Ushuluddin mampu secara gengsi untuk bersaing dengan fakultas-fakultas lain, ” ujar De Isvahan dalam sambutannya pada Jum’at (30/9/2022).

Sementara, rangkaian kegiatan selanjutnya dari OPAB 2022 atau METAMORF XV dilaksanakan pada Jum’at-Minggu, 30 September – 2 Oktober 2022 di Wisma Al-Mahdiyyin, Nagreg. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir angkatan 2022 sebanyak 215 orang.

Ketua Pelaksana, Farik Hasnan Al Ulya menyebut bahwa OPAB 2022 mengusung tema “Semangat Progresif Mahasiswa Baru dalam Pengembangan Tanggung Jawab sebagai Mahasiswa”, dengan harapan mahasiswa baru dapat memberi semangat dalam berprogres dan mengembangkan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa, khususnya masyarakat Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Lebih dari itu, OPAB 2022 menjadi jalan untuk lebih mengenal apa saja yang ada di dalam jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir ini dengan mengadakan beberapa rangkaian acara pematerian diantaranya Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis Indonesia (FKMTHI), Ke-HMJ-an, Keperempuanan, Materi dan Simulasi Sidang guna menentukan ketua dan nama angkatan untuk angkatan 2022.

Peserta OPAB 2022, Farhan Fauzan Abdurrahman kelas IAT 1B menyampaikan apresiasi dan antusiasnya terhadap acara OPAB 2022 ini. “OPAB tahun ini sangat seru sekali, dan bagi saya pribadi OPAB itu bukan sekedar orientasi saja, tapi kita juga bisa mengenal temen sejurusan lebih banyak lagi, menambah kebersamaan lagi dan masih banyak hal positif yang bisa diambil dari pelaksanaan OPAB itu sendiri, ” ujar Farhan saat diwawancarai pada Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut, Farhan berharap OPAB tahun berikutnya bisa lebih baik lagi dari yang sebelumnya tanpa mengurangi hal-hal positif dari sebelumnya, dan tetap mempertahankan nilai-nilai positif lainnya.

Senada dengan Farhan, Nurafni Alva Prasanti kelas IAT 1E juga mengaku bahagia mengikuti rangkaian acara OPAB 2022 ini. “OPAB tahun ini itu senang banget. Karena tahun ini OPAB dilaksanakan dengan offline, jadi kerasa semua kegiatan dan tantangannya selama 3 hari di Wisma Al-Mahdiyyin itu. Kita juga jadi lebih mengenal teman seangkatan kita sendiri,  diajarkan untuk lebih kompak dan memupuk rasa kekeluargaan dengan mereka, ” ujar Nurafni saat diwawancarai pada Selasa (18/10/2022).

“Harapannya tentu semoga OPAB selanjutnya bisa lebih baik lagi. Dari segi kegiatan, semoga makin bervariasi seperti games, dan dari layanan kesehatan,  semoga panitia bisa untuk lebih melengkapi obat-obatan dan sebagainya untuk  memudahkan para peserta tahun depan bisa sehat selama ikut kegiatan OPAB,” tutup Nurafni pada Selasa (18/10/2022).

Leave a Replay

Recent Posts

Kategori

HMJ IAT

Berlangganan melalui email

Tanya Admin
1
Tanya Admin
Assalammualaikum...
Ada yang bisa kami bantu?
iqt.uinsgd.ac.id