Lompat ke konten

Ilmu Al-Qur'an Dan Tafsir

WPAJ 2022: Sukses Menulis Karya Ilmiah Hingga COATS (Conference On Al-Qur’an and Tafsir)

  • oleh

IQT.UINSGD.AC.ID – Departemen Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (HMJ-IAT) UIN Bandung menggelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal (WPAJ) di tahun ke tiga secara hybrid. Acara ini diawali dengan seminar WPAJ oleh dosen IAT, Irma Riyani, Ph.D pada Jum’at (17/6/2022) di Aula Perpustakaan UIN Bandung dan pelatihan intensif via WhatsApp oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag. pada Sabtu-Senin (18-27/6/2022) yang dihadiri oleh 50 peserta.

Ketua pelaksana WPAJ 2022, Shifwah Salsabila Zahira menyebutkan bahwa kegiatan ini mengusung tema “Tuangkan Imajinasimu dalam Menulis” dengan alasan mahasiswa memiliki banyak imajinasi yang lebih bermanfaat jika dituangkan menjadi sebuah karya, terkhusus karya tulis ilmiah. Tambahnya, berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa IAT lebih terlatih dalam menulis artikel dan tidak merasa kebingungan lagi. “Melalui WPAJ ini, semoga mahasiswa IAT bisa membedakan antara menulis artikel, makalah, dan karya tulis lainnya, serta mengerti bagaimana cara menerbitkan artikel jurnal,” ujar Shifwah saat diwawancarai, Jum’at (17/6/2022).

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhlas, S.Ag., M.Hum., turut menghadiri acara seminar WPAJ di Aula Perpustakaan UIN Bandung sekaligus membuka acara secara resmi mewakili Dekan Fakultas Ushuluddin. “Saya merasa bangga dan optimis bahwa mahasiswa IAT itu sekarang tidak lagi level nasional, melainkan kedepannya pasti akan menjadi mahasiswa yang berlevel internasional. Terlebih bulan Oktober mendatang, jurusan IAT akan melakukan sertifikasi AUN-QA di level Asia,” ujarnya pada sambutan seminar WPAJ, Jum’at (17/6/2022).

Ketua Umum HMJ-IAT Kabinet Abhipraya, Muhammad Zia Ulhaq Albana juga turut menyampaikan antusiasnya pada acara ini. “WPAJ merupakan salah satu program kerja yang sangat ditunggu-tunggu mahasiswa IAT bahkan di luar IAT, artinya saya bisa yakini bahwa WPAJ ini hanya ada satu dan itu ada di HMJ-IAT, Fakultas Ushuluddin, UIN Bandung,” tegas Zia pada sambutannya.

Irma Riyani, Ph.D memaparkan dalam materinya akan persiapan mengasah imajinasi, menyiapkan bahan tulisan, serta mengenal teknis penulisan artikel. Hal tersebut menjadi bahan untuk lebih mempermudah dalam membuat sebuah artikel. “Topik pembahasan dalam mengkaji Al-Qur’an tidak akan pernah habis, karena banyak sekali aspek yang dikaji. Maka dari itu, kita perlu menentukan aspek apa yang menjadi keahlian kita,” jelasnya pada seminar WPAJ, Jum’at (17/6/2022).

Peserta WPAJ 2022, Rulia Rahmawati, mahasiswi IAT semester 4 mengaku antusias mengikuti acara ini, “WPAJ 2022 ini cukup luar biasa, WPAJ ini sangat membantu, terkhusus dalam pengerjaan-pengerjaan ketika UAS. Selebihnya, mungkin bisa bermanfaat untuk kedepannya ketika saya ingin lebih giat lagi mengerjakan artikel jurnal. Semoga WPAJ ini bisa lebih baik lagi dan lebih banyak lagi antusias dari para pesertanya,” ucap Rulia di ruang zoom meeting, Jum’at (1/7/2022).

Senada dengan Rulia, Febry Rudiantara, mahasiswa IAT semester 8 juga menyampaikan rasa syukurnya mengikuti acara ini, serta ia berharap artikel jurnal yang dibuatnya tidak hanya untuk pengembangan diri saja, tapi untuk pengembangan umat. “WPAJ sekarang sangat berkesan sekali karena saya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, mendapat ilmu yang sangat “Daging” sekali di WPAJ sekarang,” tegas Febry pada penutupan WPAJ, Jum’at (1/7/2022).

Kegiatan WPAJ 2022 ditutup secara resmi oleh Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ecep Ismail, M.Ag., pada Jum’at (1/7/2022) via zoom meeting. “Kegiatan ini merupakan sebuah kenikmatan yang patut kami syukuri dari prodi, bahwa anak-anak kami terus meningkatkan kualitas akademik, khususnya di bidang kepenulisan. Hari ini kita sadar, bahwa eksistensi seorang akademisi bisa dilihat dari produktivitas dalam karya tulis,” tegas Ecep pada sambutannya. Tambahnya, “jadi apa pun yang kita punya, keilmuan apa pun tulis dalam jurnal, publikasikan biar orang tau dan bisa membaca, sehingga kita bisa dikenal orang. ‘Tunjukan pada dunia bahwa kita bisa, melalui tulisan’ itu merupakan sebuah moto yang sangat berharga. Kedepannya, penulisan karya tulis ini merupakan sebuah indikator keberhasilan akademik,” tutupnya.

Sebagai lanjutan dari WPAJ 2022, Departemen Pengembangan Nalar dan Intelektual (PNI), HMJ-IAT menggelar Conference On Al-Qur’an And Tafsir Studies (COATS) yang bertajuk “Writing Directly Early We Are Known By The World” pada Jum’at (15/7/2022) di Lab Jurusan IAT dan live report melalui zoom meeting dengan juri Irma Riyani Ph.D, Busro M.Ag, dan Dr. Dadan Rusmana,M.Ag.

COATS ini merupakan tahap yang harus dilalui sebelum artikel jurnal diterbitkan. Para peserta mempresentasikan karya tulis ilmiahnya untuk dinilai oleh juri. Terdapat tujuh orang yang berhasil menjadi presenter dalam acara COATS ini, diantaranya Febry Rudiantara, Nur Annisa Septiani, Rulia Rahmawati, Zaeni Anwar, Cut Shabrina, Nurul Apipah, dan Alifia Rizka Fajriah.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., turut menyampaikan apresiasinya pada acara COATS ini. “Ini ide baru, kreatif, inovasi, dan budaya akademik baru,” tegasnya pada sambutan acara COATS, Jum’at (15/7/2022).

Tambahnya, Dekan berkomitmen untuk memfasilitasi kegiatan ini, agar HMJ bisa memastikan kelanjutan untuk acara COATS berikutnya di tahun-tahun yang akan mendatang. Dekan berharap acara COATS ini dapat terlaksana melalui kolaborasi dengan seluruh HMJ-IAT di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).